Wednesday, October 28, 2009

Lapo Ni Tondongta

Jl. Pesanggrahan - Jakarta Barat

Lapo2 di jakarta sebenernya banyak. Tapi tempatnya tersembunyi dan mereka malu2 kucing buat nonjolin keberadaan resto mereka. Kalo gak papan namanya kecil ya gak pake papan nama sama sekali. Gak tau yah, mungkin mereka gak enak ama sodara2 umat muslim karena mereka menjual makanan yang non-halal dan ekstrim seperti B1 dan B2. Termasuk keberadaan lapo terkenal kayak Lapo Ni Tondongta cabang Puri Indah deket rumah gua. Dari luar kayak bukan resto, lebih mirip tempat fotokopian soalnya ada neon box Xerox yang nangkring di sono. Tapi dalemnya cukup bersih dan kalo jam makan siang ramenya bukan main.

Lapo Ni Tondongta, yang kalo dalam bahasa sononya artinya Warung Saudara (bener gak sih? hehehe), yang makan di situ bukan cuman orang Batak doang, tapi banyak orang Chinese dan Jawa juga. Malah pas hari minggu kemaren ke sono lagi ada ibu2 beli gak ngerti apa2. First timer gitu. "Saksang itu apa yah Bang? Kalo panggangan itu kayak apa yah?" Udah bisa dipastiin dia bukan orang Batak.

Gua kalo beli makanan di sini selalu bawa pulang akhir2 ini. Alesannya cuman satu, bawa pulang porsinya lebih banyak. Wekekeke. Biasanya sih gua cuman beli Saksang B2 dua porsi. Gak suka B1 nya soalnya daginganya alot. Panggangannya juga gak suka, dagingnya dikit banget untuk harga segitu. Paling kadang beli Sop B2 ato sayur daun singkong yang ditumbuk (gak tau namanya apa, haha). Bagi yang gak tau terbuat dari apa saksang itu, mungkin masih berani makan. Tapi kalo udah tau salah satu bumbunya tuh darah B1 ato B2, mungkin ada beberapa yang mundur. Hahaha. Sebenernya sih ada 2 macem saksang yang dijual di sana, satu pake darah, satu lagi tanpa darah. Tapi gua udah pernah beli yang tanpa darah rasanya gak enak banget. Kurang apa gitu.

Tiap kali beli makanan di sana dikasi 2 jenis cabe, dua2nya cabe ijo yang super pedes. Cabe pertama bentuknya persis kayak wasabi jepang. Yang kedua kayak cabe ijo nasi padang. Gosip2nya sih dikasih balsem soalnya pedas banget, tapi gua gak percaya ama gosip ini. Hehehe.
Bon Appetit!

6 comments:

elly_veryawan said...

wah, gue malah seumur2 blom pernah tuh coba yg namanya lapo, makanan batak gtu ya? enak chan?

phich said...

iyo el...enak kok...tapi kalo gak berani makan saksangnya pesen panggangannya aja...itu mirip ama babi panggang yang ada di nasi campur...ato sop nya...ama sayur singkong...heheh...

Anonymous said...

iya ternyata lapo enak. Gue baru pernah ketemu sekali di Mal MGK.

Sayang mal MGK ngak terlalu banyak pengunjung.

Julius

phich said...

hah emang lapo udah masuk mal? di sebelah mananya MKG seng?

sri said...

kebetulan nih lu review tempat ini...soalnya g udah sering lewatin lapo ini, tapi penasaran isinya apa...udah baca, gk berani makan deh...wkwkw...

phich said...

@sri : masak gak berani makan? payah lu...